PERAMBAN DAN SEARCH ENGINE

Broser web (biasanya disebut broser atau peramban) adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi di internet (World Wide Web). Saat pengguna mengakses halaman web dari situs web tertentu, peramban mengambil konten dari server web, kemudian menampilkan konten tersebut di peramban perangkat pengguna. Saat akan mengakses server web, pengguna harus menuliskan alamat web di address bar peramban. Alamat web tersebut disebut dengan url (uniform resource locator).

Selain address bar, peramban memiliki fitur lain yang dapat diakses dengan mengklik tombol tombol berikut:
1. Back: untuk kembali ke halaman sebelumnya.
2. Forward: untuk maju ke halaman sebelum ‘Back’. 
3. Stop: untuk menghentikan transfer data.
4. Refresh: untuk ‘menyegarkan’ kembali tampilan, yaitu mengambil data terbaru tentang tampilan, biasanya digunakan untuk melihat data data di halaman yang ‘dinamis’ perubahan datanya (setiap waktu berubah)
5. Bookmark (pembatas buku): digunakan untuk menandai suatu halaman sehingga kita dapat kembali lagi ke halaman yang sedang kita baca atau halaman yang menarik. Bookmark dalam peramban juga memiliki konsep yang sama. Kenalilah peramban kalian untung menaruh bookmark dan juga mencatat situs situs “favorit”.

Ada berbagai merk peramban yang bekerja di berbagai perangkat keras: PC, laptop, tablet ata ponsel. Pada tahun 2020, diperkirakan ada 4,9 miliar orang yang menggunakan peramban, separuh diantaranya di Asia. Peramban yang populer saat ini adalah Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dan Safari.

Peramban berbeda dengan mesin pencari (search engine), meskipun keduanya sering kali dipertukarkan. Mesin pencari hanyalah situs web yang menyediakan tautan ke situs web lain, mesin pencari berjalan diatas peramban.

Mesin pencari (search engine) adalah situs web (website) yang mengumpulkan dan mengelola informasi di internet sehingga membuat informasi itu bisa dicari. Mesin pencari yang terkenal diantaranya adalah: Google, Bing, Baidu, Yandex. Selain itu, masih banyak mesin pencari lain. Setiap search engine memiliki kemampuan terbaik di konteks yang berbeda.

Pemilahan informasi di internet sangatlah penting untuk mendapatkan informasi yang benar. Di era web 2.0, di mana setiap pengguna internet bisa membuat konten sendiri, banyak sekedar informasi yang tidak benar (hoax). Informasi yang benar biasanya dikeluarkan oleh institusi resmi dan menggunakan situs web resmi.

Cara melakukan pencarian informasi di internet adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword). Pemilihan kata kunci yang spesifik akan menghasilkan halaman yang lebih spesifik. Ketikkan kata kunc tanpa awalan, imbuhan, akhiran, dan lain lain. Pada search engine tertentu, tanda petik (“) dapat membuat pencarian lebih spesifik.

Pada search engine tertentu, bisa digunakan operator seperti “OR” dan “AND”. “OR” berarti “atau” yang akan menampilkan hasil pencarian dari salah satu kata kunci. “AND” berarti “dan” yang akan menampilka hasil pencarian dari kedua keyword.

Search engine yang paling banyak digunakan pada tahun 2020 menurut http://www.oberlo.com/blog/top-search-engines-world adalah Google dengan pengguna sekitar 80%. Kemudian, Bing milik Microsoft, Baidu, Yahok!, dan Yandex.

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Perangkat Keras Smartphone

TUGAS INFORMATIKA HAL 39,43,44