SUREL

Surel (Surat elektronik/ Electronic mail) atau surat elektronis adalah cara dan alat untuk bertukar pesan (surta) dengan menggunakan alat elektronis. Sata ini, surel dapat beroperasi pada jaringan komputer luas atau internet yang dapat menjangkau penggunanya di seluruh belahan dunia.

Pengiriman surel dari suatu alamat ke alamat lain secara ringkas dan sederhana dapat dijelaskan pada Gambar 3.19 berikut.

1. Dewi membuat surel dari alamat surel dewi@a.org ke Budi dengan alamat surel budi@b.org. Ketika meneman tombol Send, Surel Dewi dikirimkan ke mailbox milik Budi.

2. Surat Dewi akan terkirim dan masuk ke mailbox Budi jika memenuhi beberapa hal, seperti: surel Dewi tida terlalu besar (biasanya ada aturan besaran maksimum surel), atau mailbox Budi tidak penuh. Mailbox bisa memiliki notifikasi sehingga Budi tahu bahwa ada surel yang masuk ke mailbox-nya.

3. Budi dapat membuka surel tersebut kapan saja, kemudian membas (reply) surel atau meneruskannya (forward) ke orang lain.

Komunikasi dengan surel menggunakan protokol yang disebut Post Office Protocol (POP3) atau Internet Message Acces Protocol (IMAP).

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Perangkat Keras Smartphone

TUGAS INFORMATIKA HAL 39,43,44

PERAMBAN DAN SEARCH ENGINE