TUGAS INFORMATIKA HAL 39,43,44

A. Pengenalan Antarmuka Pengguna 
Saat ini TIK merambah di banyak aspek kehidupan manusia. Teknologi ini menghasilkan banyak sekali perkakas yang membantu pekerjaan kita sehari hari. Materi tentang perkakas pada TIK: Aplikasi perkantoran, Peramban, Surel, Search Engine dan penggunaan File explorer untuk mengelola folder dan file.

Teknologi berkembang dengan cepat, alat elektronik dan peranti TIK menjadi makin murah, dan ini mendorong pengguna untung berganti ganti karena selain lebih murah, performansi peranti juga menjadi makin baik.

Manusia melakukan interaksi dengan perangkat melalui berbagai cara. Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci (keyboard), sentuhan ke antarmuka grafis yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk komputer, ponsel, perangkat game, pemutar MP3, dan sebagainya biasanya menggunakan GUI.

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon dan elemen grafis sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan. GUI menjadi populer karena lebih intuitif, mudah digunakan dan dipelajari daripada model interaksi Command Line Interface (CLI) yang memerlukan perintah yang harus ditik.


B. Folder dan File
Folder/directory adalah tempat penyimpanan elektronis yang menyimpan file elektronis atau folder lain. Folder bisa dianalogikan sebagai map yang digunakan untuk menyimpan dokumen (surat, invoice, nota, dan lainnya), atau berisi map yang lebih kecil.

File elektronis sendiri berarti file yang diciptakan oleh komputer/ponsel untuk menyimpan data secara deskret pada alat penyimpan elektronis. File adalah unit penyimpanan di komputer, yang akan dibaca atau ditulis. Demikian juga sebuah data dapat disimpan dalam media penyimpan elektronis di komputer dalam bentuk file. Media penyimpan elektronis tersebut diantaranya adalah hard disk, kartu memori, flash drive, dan lainnya.

1. Ekstensi File
File memiliki ekstensi, yaitu nama pendek setelah tanda titik di akhir nama file. Sebagai contoh “flower.jpg” adalah file dengan ekstensi jpg yang merupakan file gambar (image), “Surat.doc” atau “Surat.docx” adalah file dokumen Microsoft Word, “Presentasi.ppt” atau “Presentasi.pptx” adalah file dokumen presentasi Microsoft Powerpoint, dan “Program.exe” adalah file executable atau aplikasi yang dapat dijalankan di Windows. Ekstensi file sebenarnya adalah konvensi (kesepakatan). Dalam sistem operasi Linux, ekstensi dianggap bagian dari nama file.

2. Pengelolaan Folder
Pembuatan folder/directory dan mengelola file dalam folder yang terstruktur menjadikan proses pencarian file untuk digunakan kembali lebih efisien. Pengelolaan folder dan file adalah fitur yang ada pada sistem operasi, yang biasa disebut File Management System atau File Eksplorer.

Pada sistem operasi Microsoft Windows, aplikasi default untuk pengelolaan file disebut File Explorer dengan antarmuka Graphical User Interface (GUI).

3. Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows
Windows menyediakan aplikasi untuk pengelolaan file, yang dinamakan File Explorer. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengelola file dan folder, yaitu membuat folder, menyalin folder, membuat file, menyalin file, menghapus file, memindahkan file maupun folder ketempat lain, serta mencari file.

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Perangkat Keras Smartphone

PERAMBAN DAN SEARCH ENGINE